Kamis, 05 Januari 2012

ETIKA PEMANFAATAN INTERNET BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA

Definisi Internet
Secara harfiah, internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan suatu protokol (aturan) standar, dikenal sebagai Transmission Control Protocol Internet Protocol (TCP/IP) untuk melayani pengguna di seluruh dunia. TCP/IP adalah protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan-jaringan di dalam internet sehingga data dapat dikirim dari satu komputer ke komputer lainnya. Setiap komputer diberikan suatu nomor unik yang disebut dengan alamat IP.Media yang menghubungkan bisa berupa kabel, kanal satelit maupun frekuensi radio. Jadi, internet menyediakan akses untuk layanan telekomununikasi dan sumber daya
informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia.

Pemanfaatan & Aplikasi Internet
Layanan internet meliputi komunikasi langsung (email, chat), diskusi (Usenet News, email, milis), sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Gopher), remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP), dan aneka layanan lainnya.Aplikasi dan layanan internet akan terus bertambah seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi informasi. Di bawah deskripsi beberapa contoh aplikasi internet, antara lain:
1. World Wide Web (WWW). Adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen web dibuat dengan menggunakan format HTML.
2. E-Mail. E-Mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik. Adapun situs yang memberikan layanan email seperti Yahoo!, Gmail, dan lain-lain.
3. Mailing List. Mailing list atau Milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail.
4. Newsgroup. Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. Biasanya, anggota forum newsgroup mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama serta membahas topik-topik tertentu.
5. Internet Relay Chat (IRC). IRC adalah aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet. Bercakap-cakap di internet dikenal dengan istilah chatting.
6. File Transfer Protocol (FTP). FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari komputer lain. FTP biasa digunakan untuk download dan upload file.
7. Telnet.Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Telnet dapat digunakan jika kita mempunyai IP Address dengan User ID and Password ke komputer tersebut.
8. Gopher. Gopher adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Namun, informasi yang didapat hanya terbatas pada teks saja.
9. Ping. Ping adalah Packet Internet Gopher yang digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung dengan komputer lain di internet.

Internet memiliki peran yang sangat strategis dalam kehidupan di era informasi seperti sekarang ini. Jika seseorang ingin mendapatkan artikel atau informasi tertentu, chatting, email, atau bahkan melakukan jual beli dapat memanfaatkan internet. Terdapat bahkan jutaan situs-situs yang menyajikan berbagai macam hidangan dan jasa bagi para pengguna internet. Kita bisa mencari alamat situs-situs tertentu sesuai dengan kategori yang kita inginkan dengan memanfaatkansearch engines seperti Yahoo!, Google, Altavista, dan lain-lain. Kita juga bisa mencari informasi yang kita cari, baik berupa teks, gambar, video, audio, program software, game, dan jasa komputasional lainnya. Hampir bisa dikatakan semuanya ada di internet.

Internet di Kampus UG
Universitas Gunadarma terus mengembangkan fasilitas dan infrastruktur TIK guna mendukung proses belajar mengajar (dosen, mahasiswa, dan sivitas akademika) serta penunjang proses pengelolaan administrasi pendidikan.Jaringan internet UG terpusat di Kampus Depok dan terdistribusi ke semua kampus. Koneksi antar kampus menggunakanjaringan Fiber Optik INDOSAT. Bandwidth Internasional 65Mbps sedangkan bandwidth internet lokal (OPEN IX)1 Gbps. Lebih dari 100 titik hotspot tersebar di 7 lokasi kampus dan internet longue di 3 kampus, yaitu kampus D, E, dan J.
Dengan tersedianya fasilitas tersebut, mahasiswa makin mudah mendapatkan akses informasi melalui internet. Tinggal bagaimana mahasiswa mampu memanfaatkan secara optimal untuk menunjang belajar dan mengembangkan pengetahuan serta skill di bidang yang ditekuninya..

Optimalisasi Pemanfaatan Internet
Kemajuan teknologi informasi dewasa ini yang sangat pesat secara global, mau tidak mau harus kita ikuti secara intensif kalau kita tidak ingin menjadi orang yang tertinggal informasi. Kalangan akademis termasuk mahasiswa merupakan salah satu pihak yang paling diuntungkan dengan perkembangan internet. Aneka referensi, jurnal, maupun hasil penelitian yang dipublikasikan melalui internet tersedia dalam jumlah yang berlimpah. Para mahasiswa tidak lagi perlu mengaduk-aduk buku di perpustakaan sebagai bahan untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah. Cukup dengan memanfaatkan search engine, materi-materi yang relevan dapat segera ditemukan. Selain menghemat tenaga dan waktu dalam mencarinya, materi-materi yang dapat ditemui di internet cenderung lebih up-to-date.Buku-buku teks konvensional memiliki rentang waktu antara proses penulisan, penerbitan, sampai ke tahap pemasaran. Kalau ada perbaikan maupun tambahan, itu akan dimuat dalam edisi cetak ulangnya, dan itu jelas membutuhkan waktu. Kendala semacam ini nyaris tidak ditemui dalam publikasi materi ilmiah di internet mengingat meng-upload sebuah halaman web tidaklah sesulit
menerbitkan sebuah buku. Akibatnya, materi ilmiah yang diterbitkan melalui internet cenderung lebih aktual dibandingkan yang diterbitkan dalam bentuk buku konvensional.
Dalam rangka memberikan layanan akademis kepada mahasiswa, UG telah banyak mengembangkan sistem informasi berbasis IT yang dapat diakses secara online secara terbuka. Beberapa layanan tersebut yang perlu diketahui karena langsung bersinggungan dengan aktivitas belajar antara lain:

1. E-Learning (http://elearning.gunadarma.ac.id)
2. V-Class (http://v-class.gunadarma.ac.id)
3. Studentsite (http://studentsite.gunadarma.ac.id)
4. Silabus Acara Perkuliahan/SAP(http://sap.gunadarma.ac.id)
5. Perpustakaan (http://library.gunadarma.ac.id)
6. BAAK (http://baak.gunadarma.ac.id)
7. UGPedia (http://ugpedia.gunadarma.ac.id)
8. Wartawarga (http://wartawarga.gunadarma.ac.id)
9. Komunitas (http://community.gunadarma.ac.id)
10. Seminar (http://seminar.gunadarma.ac.id)
11. Helpdesk (http://helpdesk.gunadarma.ac.id)
12. Career (http://career.gunadarma.ac.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar