Minggu, 08 Januari 2012

Sejarah Sistem Informasi

Tinjauan mengenai sejarah sistem informasi mencakup peninjauan kembali pada bagaimana peranti keras telah mengalami evolusi dan bagaimana penerapannya dari waktu ke waktu.
1. EVOLUSI PERANTI KERAS KOMPUTER
Komputer yang kita kenal sekarang dapat dilacak kembali ke sebuah mesin yang disebut Electronic Numerical Integrator and Calculator – ENIAC. ENIAC adalah pendahulu dari UNIVAC I Remington Rand, yang merupakan komputer otomatis universal yang pertama kali dipasarkan secara luas.
UNIVAC I yang pertama dipasang di sebuah organisasi pemerintah, Biro Sensus AS (U.S Cencus Bureau) tahun 1951. Mesin ini mampu melakukan kurang dari 2.000 kalkulasi per detik, jumlah yang luar biasa lambatnya jika dibandingkan dengan 2 miliar atau lebih instruksi per detik, yang umum untuk komputer mikro terkecil dan termurah yang ada saat ini. Komputer-komputer terdahulu, yang disebutmainframe, memfokuskan pada satu tugas tunggal yang diminta oleh seorang pengguna. Pertengahan 1960-an.
2. KOMPUTER BERUKURAN LEBIH KECIL
Seiring dengan populernya komputer, para spesialis informasi menjadi semakin sulit mengikuti permintaan. Para pengguna merasa tidak sabar dan mulai meminta akses ke data berbasis komputer tanpa harus melalui spesialis informasi. Beberapa produsen komputer merespons dengan memproduksi dan memasarkan komputer-komputer yang semakin kecil dan lebih murah daripada mainframe. Sistem skala kecil yang pertama disebut komputer mini (minicomputers), yang dengan cepat diikuti oleh komputer yang lebih kecil lagi yang disebut komputer mikro (microcomputer) atau mikro (micro). IBM memperkenalkan komputer mikronya, yang disebut personal computer atau PC, tahun 1982.
3. HUKUM MOORE
Hukum Moore dicetuskan oleh Gordon Moore, salah satu pendiri Intel tahun 1960-an. Hukum ini menyatakan bahwa kerapatan penyimpangan sirkuit terintegrasi dari sebuah chip silikon akan meningkat dua kali lipat setiap tahunnya. Tahun 1970, tingkat pelipatgandaan telah meningkat menjadi 18 bulan, suatu tingkat yang terus berlangsung hingga hari ini. Arti hukum ini adalah bahwa kekuatan sebuah komputer akan meningkat dua kali lipat stiap 18 bulan dengan mengeluarkan sejumlah biaya tertentu.

PENGANTAR ARSITEKTUR KOMPUTER
Central Processing Unit (CPU) : mengendalikan seluruh komponen lainnya
Random Access Memory (RAM) : berfungsi sebagai tempat kerja sementara dari CPU (primary storage)
Storage Device : berfungsi secara permanen untuk menyimpan data (secondary storage). Contohnya: CD-ROM, Floppy drive, Hard disk
Alat input : Keyboard, mouse komputer, scanner, touch screen, dll
Alat output : monitor dan printer

PENGANTAR ARSITEKTUR KOMUNIKASI

Komunikasi antar komputer dibatasi oleh adanya fakta diprioritaskanya komunikasi telepon antara manusia. Standar dan prosedur komunikasi telepon tidak pernah dimaksdudkan untuk mengakomodasi komunikasi digital yang sangat cepat yang di butuhkan antar kompuer. Modem adalah sebuah alat piranti keras yang memodulasi sinyal digital dari sebuah komputer (baik itu mati atau hidup, seperti sebuah saklar lampu0 ke dalam sinyal analog ( suatu gelombang kontinu, misalnya bunyi suara), dan sebaliknya.
Seiring dengan munculnya jenis jenis komunikasi baru, maka di butuhkan pula jenis jenis modem baru. Kini telah tersedia beberapa jenis "digital". bebrapa tersambung ke kabel yang membawa sinyal televisi ke dalam rumah sedangkan yang lain tersambung ke sambungan telepon. Revolusi nirkabel pun terus berlanjut. Namun masih terdapat awan yang masih menggantung di cakrawala komunikasi nirkabel, yaitu masalah keamanan. Meskipun jaringan nirkabel murah dan mudah di pasang, sebagian besar pengguna tidak mengimplementasikan fitur fitur keamanan yang ada. Solusi yang paling mudah atas masalah ini adalah membeli piranti keras dan piranti lunak seperti firewall ketika membeli jaringan nirkabel.

1 komentar: